Babinsa Serda Karjo Hadiri Penyuluhan PSTL Tahun 2021 di Kelurahan
Editor : Delvia | Penulis: Rima

tni | 11 Januari 2021 | Dilihat : 69

Babinsa Serda Karjo Hadiri Penyuluhan PSTL Tahun 2021 di Kelurahan Sialang Sakti

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Babinsa Koramil 04/Limapuluh Kodim 0301/Pekanbaru, Serda Karjo menghadiri penyuluhan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) dan pembagian blangko PTSL Tahun Anggaran 2021, kantor Lurah Sialang Sakti Kecamatan Tenayan Raya, Senin (11/01/2021).

Turut dihadiri Lurah Sialang Sakti Hasan Nusi, SE, Kepala pertanahan  Kota Pekanbaru, Ronal Lumban Gaul, SH, MM, Babinsa Serda Karjo, Babinkabtimnas, Ketua forum RT RW Kelurahan Sialang Sakti, staff BPN Kota Pekanbaru.

Dijelaskan oleh Serda Karjo, PTSL itu merupakan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap atau banyak diketahui masyarakat pengurusan sertifikat tanah di BPN Kota Pekanbaru.

"Kasus sengketa tanah dan sengketa lahan seringkali terjadi, ini kerap terjadi ada pengklaiman tanah oleh pihak lain karena sang pemilik tanah asli tidak memiliki surat-surat yang lengkap,"ujar dia.

Lebih lanjut disampaikan pria yang disapa Mbah Karjo menanggapi masalah tersebut, Pemerintah pada akhirnya membuat program PTSL (Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap). PTSL telah diatur dalam Instruksi Presiden (Inpres) No. 2 Tahun 2018.

"Program gratis ini telah berjalan sejak tahun 2018 dan direncanakan akan berlangsung hingga tahun 2025. Nah, buat Anda yang belum mempunyai sertifikat tanah, sudah tentu tidak ingin melewatkan kesempatan ini,"ungkapnya.

Ditempat terpisah, Danramil 04/Limapuluh Kodim 0301/Pekanbaru, Kapten Arh Antoni berpesan kepada masyarakat di Kelurahan Tanjung Rhu bagi yang sudah menerima sertifikat harus disimpan baik-baik.

"Ingat, jangan sampai dipinjamkan kepada orang lain atau saudaranya. Kami juga mengharapkan kalau bisa setelah tanah ada sertifikat, jangan sampai dijual," pungkasnya. (rima)

Artikel Kanan
Artikel Kanan