Serda Asy'ari Berikan Pemahaman Kepada Warga, Guna Cegah Karhutla
Editor : Delvia | Penulis: Rima

tni | 09 Juni 2021 | Dilihat : 37

Serda Asy'ari Berikan Pemahaman Kepada Warga, Guna Cegah Karhutla

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Guna mengantisipasi tindakan membakar lahan ketika membuka kebun dan lahan pertanian oleh warga, para Babinsa terus memberikan sosialisasi dan patroli kepada warga. Sosialisasi dan patroli tersebut, berkenaan tentang bahaya dan larangan terhadap membakar lahan dan hutan (Karhutla).

Hal ini dilaksanakan Babinsa Koramil 06/Sukajadi, Serda Asy'ari secara rutin terus melaksanakan sosialisasi dan patroli Karhutla di wilayah Jalan Garuda Sakti RT 02 RW 04 Kelurahan Binawidiya Kecamatan Binawidiya, dan Jalan Ketitiran dan Jalan Kabun RT 02 RW 03 Kelurahan Air Putih, Kecamatan Tuah Madani, Rabu (09/06/21).

Serda Asy'ari  juga menerangkan saat  koordinat N.O,28'22"N101,21',25 °° E. Hotspot Nihil, Titik Api Nihil, Titik Asap Nihil

Kegiatan ini dalam rangka mencegah dan mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan diwilayah binaan.

"Apabila masyarakat melihat atau menemukan orang  sengaja ataupun tidak dengan disengaja membakar lahan atau hutan segera laporkan kepada aparat di Desa baik itu kepada Babinsa, Babinkamtibmas maupun unsur perangkat Desa lainnya agar dengan cepat dapat ditindak lanjuti," kata Babinsa Kelurahan Binawidya.

Danramil 06/Sukajadi, Kapten Arh Nirzham menjelaskan adanya kegiatan sosialisasi dan patroli seperti ini diharapkan mampu memberikan pencerahan serta kesadaran sosial dan hukum.

“Tentunya yang menjadi sasaran sosialisasi dan patroli ini adalah seluruh warga masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan secara sembarangan,” ujarnya.

Menurut Nirzham, sosialisasi dan patroli pencegahan kebakaran hutan dan lahan yang dilaksanakan ini merupakan bagian dari bentuk komunikasi dan koordinasi serta memberikan pemahaman kepada masyarakat menuju Masyarakat Bebas Api (MBA).

Artikel Kanan
Artikel Kanan