Pengprov Cabor Desak Dispora Riau Cairkan Dana TC PON
Editor : Rudi | Penulis: Rudi

peristiwa | 11 Juni 2021 | Dilihat : 46


BENGKALIS, RIDARNEWS.COM - Pengurus provinsi cabang olahraga yang saat ini menggelar training center (TC) persiapan PON XX Papua 2021 mendesak Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Riau agar mencair dana TC.

Sebab, tersendatnya dana TC dapat merusak persiapan atlet yang akan berlaga di PON pada Oktober 2021.

Selain itu, cairnya dana TC  menjadi harapan para pelatih dan atlet untuk unjuk prestasi diiven  berskala nasional tersebut. Sekaligus meraih prestasi terbaik demi mengharumkan nama daerah.

Namun perjuangan para pelatih dan atlet Riau dalam mempersiapkan diri banyak kendala dan rintangan.

Seperti yang di ungkapkan ketua umum Persatuan Olahraga Layar seluruh Indonesia (PORLASI) Fivetrio Sulistino yang akrab di sapa Lilik, berkedudukan di kabupaten Bengkalis ini, sejak dimulai TC berjalan pihaknya sering mendapatkan kendala soal bantuan pendanaan dari KONI Provinsi Riau, yang mana pengprov harus mendahulukan segala bentuk kebutuhan latihan baik itu konsumsi dan biaya operasional latihan atlet. Dan sampai saat ini pihaknya harus menalangi.

"Apa yang kita ajukan tidak serta-merta di cairkan, tapi harus melalui proses yang rumit," ujarnya kepada ridarnews.com, Kamis (w10/6/21) sore.

Diungkapkannya, proses pengajuan dana TC persiapan PON XX jauh berbeda dari sebelumnya. Menurutnya, setelah mendapat keterangan dari beberapa petinggi KONI Riau beberapa hari yang lalu, bahwa mekanisme pencairan dana saat ini tidak langsung diberi ke Cabor, karena dana hibah KONI Riau ada di DisporaI Riau. Dengan demikian, jika ada permintaan cabor barulah diajukan ke Dispora.  

"Jadi dana KONI tidak seperti dulu, semua permintaan harus melalui proses ke Dispora.

Mendengar penjelasan KONI, papar Fivetrio yang akrab disapa Lilik, Pengprov Cabor sangat terbebani soalnya kegiatan harus dilakukan dulu baru dibayar. "Istilahnya pakdil alias pakai dulu," ungkapnya.

Untuk itu, Lilik dan Pengprov Cabor peserta PON sangat berharap kepada Gubernur Riau dan Kadispora Provinsi Riau agar mengambil kebijakan untuk mengatasi permasalah ini.

"Demi pelatih dan atlet untuk meraih Prestasi di PON XX PAPUA tahun 2021 ini, jangan lah bebankan kami dengan persoalan dana. Pelatih dan atlet tau hanya berlatih dengan sungguh-sungguh, dan kita tidak mau gagal dalam perjuangan mengharumkan nama Riau di kancah olahraga Nasional nantinya," tutup Lilik. (Rudi).

 

 

Artikel Kanan
Artikel Kanan