Usaha Lebah Klanceng Lebih Menjanjikan
Editor : Rudi | Penulis: Rima

ekonomi | 14 Juni 2021 | Dilihat : 115


PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Usaha beternak Lebah Klanceng (Galo-galo) memiliki prospek ekonomi sangat menjanjikan dalam meningkatkan ekonomi rumah tangga di Provinsi Riau. Sebab, rata rata pengusaha madu lebah bisa mendapatkan keuntungan Rp400 ribu per empat bulan dalam satu stup (Kotak lebah).

Mengingat potensi tersebut, PT Mahakarya Berkah Madani (MBM) sebagai pengelola bibit lebah, juga menjadi pembeli hasil lebah tangkapan tersebut. Untuk itu, saat ini PT. MBM telah membuka kantor cabang di Pekanbaru, yaitu Jalan Harapan, Nomor 88, RT 02 RW 09, Kelurahan Sidomulyo Barat.

Dengan demikian, bagi masyarakat Riau yang ingin membuka dan mengembangkan budidaya lebah klanceng sudah bisa melakukan pembelian atau melakukan kerjasama dengan PT MBM. 

Dalam menggapai keberhasilan, para peternak lebah tersebut akan dibina dan dibimbing secara berkelanjutan sepanjang kerjasama berjalan.

“Pola penjualan bibit ada secara mandiri dan ada secara kontrak kerjasama. Bagi pola mandiri, mitra boleh menjual hasil madu sesuai dengan keinginannya. Namun melalui kontrak kerjasama, diwajibkan menjual hasil madu ke PT MBM,” kata General Manajer PT MBM, Hasri, didampingi oleh Pembina Kantor Cabang Pekanbaru Abdul Syarief, S H, dikantornya, Senin (14/6/2021).

Haisri menjelaskan, untuk pembelian satu stup Rp1,2 juta, dengan keuntungan Rp400 ribu per empat bulan. Ukuran stup yakni Panjang 40 cm, lebar 15 cm dan tinggi 17 cm.

Bahkan, jika bibit ada yang mati akan dilakukan penggantian bibit baru. Sebaliknya. jika mitra ingin memutuskan kontrak kerjasama, maka stup akan dibeli perusahaan 100 persen atau seharga stup awal pembelian.

Artinya pengelola usaha tidak dirugikan.

“Tujuan kita adalah untuk mengembangkan usaha masyarakat dan meningkatkan ekonomi. Sementara setiap stup ada barcode. Sehingga jika dicuri orang, maka akan mudah ditemukan. Karena kita sudah memiliki aplikasi dan teknologi canggih dalam melakukan pembinaan terhadap mitra usaha,” jelas Hasri.

Hasri memaparkan, manfaat Madu Klanceng sangat banyak. Seperti obat kejantanan, penderita kencing manis, perbaikan sel tubuh, untuk bahan obat serta kosmetik dan lain-lain.

Nutrisi, vitamin, mineral, enzim dan khasiatnya berbanding lima kali lipat dari lebah biasa. Dimana 100 gram  madu Klanceng setara dengan 50 butir telur ayam.

Selain itu, dalam perawatan, Lebah Klanceng tidak perlu diberi makan. Karena lebah akan pergi mencari makan dan pulang ke kandang (Stup) pada waktunya. Meski demikian diharapkan dilingkungan ternak lebah harus ada bunga, tumbuhan nan asri.

“Bagi yang ingin menjadi mitra bisa langsung datang ke Kantor Cabang Pekanbaru,” ujarnya.

Artikel Kanan
Artikel Kanan