Wako Pekanbaru Luncurkan Lima Bus Vaksinasi Keliling
Editor : Rudi | Penulis: Rima

adv | 31 Mei 2021 | Dilihat : 321

Wako Pekanbaru Luncurkan Lima Bus Vaksinasi Keliling

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Walikota Pekanbaru, DR. H. Firdaus, ST, MT meluncurkan 5 unit bus vaksinasi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) keliling, Kamis (27/5/2021) lalu. Peluncuran mobil tersebut dilaksanakan di Halaman Mal Pelayanan Publik (MPP), Jalan Sudirman, Pekanbaru. Ke-5 bus tersebut akan mulai beroperasi sehari setelahnya, tepatnya pada hari Jumat (28/5/2021).

"Untuk tahap awal kita luncurkan lima bus, untuk mendukung percepatan vaksinasi di Kota Pekanbaru. Vaksinasi ini untuk meningkatkan imunitas secara massal," kata Walikota Pekanbaru saat memberikan sambutan.

Ke 5 armada bus vaksinasi keliling ini dilengkapi dengan tim kesehatan yang akan melakukan vaksinasi secara mobile, mengejar target vaksinasi untuk masyarakat Kota Pekanbaru.

"Keberadaan bus ini merupakan inovasi untuk menjangkau seluruh masyarakat Kota Pekanbaru," kata Firdaus.

Meski pun ada bus keliling, masyarakat Pekanbaru tetap bisa mendapatkan vaksinasi secara reguler di lokasi yang sudah ditetapkan, yakni di Rumah Sakit dan Puskesmas yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.

"Ada 21 Puskesmas  dan Rumah Sakit, juga beberapa klinik yang telah bekerjasama dengan Pemko Pekanbaru untuk tempat masyarakat mendapatkan vaksinasi," kata Firdaus.

Wako mengatakan, lokasi vaksinasi gratis untuk masyarakat Pekanbaru diantaranya di RSUD Madani, Kampus UIN Suska, Stadion Rumbai, Kampus UIR, Masjid An Nur, Hotel Furaya  dan Hotel Novotel.

Target vaksinasi, menurut Wako Pekanbaru, pada Kamis (27/5/2021) sebanyak 9.500 vial vaksin, hari Jum'at (28/5/2021) 9.500 vial vaksin dan  hari Sabtu (29/5/2021 sebanyak 10.500 vial vaksin

Firdaus yang bergelar Datuk Bandar Setia Amanah itu melanjutkan, bus keliling ini membantu mempercepat vaksinasi bagi masyarakat yang tinggal jauh dari Rumah Sakit, Puskesmas atau klinik yang sudah ditunjuk. Untuk tahap awal bus beroperasi di kelurahan yang masuk zona merah COVID-19.

"Selain pelayanan vaksin reguler, kita lakukan percepatan di tempat khusus. Kita sediakan bus layanan keliling," kata Wako.

Wali Kota menyebut, layanan bus keliling ini untuk memperkuat vaksinasi di kelurahan dan dikoordinir oleh camat dan lurah.

"Ini penguatan dalam upaya percepatan vaksinasi hingga ke RT dan RW, terutama di kelurahan zona merah," kata Wako Pekanbaru.

Walikota Pekanbaru juga mengajak masyarakat mendukung upaya percepatan vaksinasi dengan mendatangi lokasi yang sudah disediakan atau juga datang ke bus vaksinasi COVID-19 keliling. 

"Bus ini datang ke kelurahan, agar masyarakat lebih mudah mendapat vaksin," ujar Wako.

DR. H. Firdaus MT berharap, lima unit bus ini nantinya menjangkau langsung warga calon penerima vaksin.

"Dengan bus ini tim akan bergerak lebih cepat ke lapangan," katanya. 

Bus ini membawa tim vaksinator yang akan bergerak secara mobile. Bus juga menyasar kecamatan zona merah dan tempat strategis untuk melayani vaksin bagi masyarakat.

Ditegaskan Walikota, kelompok lanjut usia (lansia), rohaniawan, guru, dan pekerja ekonomi menjadi prioritas vaksinasi dari bus keliling ini. 

"Jika ingin divaksin di atas bus ini, caranya cukup dengan membawa KTP dan petugas akan melayani kelompok prioritas penerima vaksin ini," ujar Firdaus.

Khusus untuk kelompok lansia, bagi yang belum memiliki KTP Pekanbaru, namun berdomisili di Pekanbaru tetap dapat melaksanakan vaksin. Tim juga masih membahas lebih lanjut untuk jadwal dan tempat vaksinasi keliling ini.

Sasaran yang akan di vaksin adalah tenaga pendidik, mahasiswa dan 1.500 orang Imam, pengurus Masjid dan musholah di kota Pekanbaru. Selain itu, para pelaku usaha, karyawan, pondok pesantren, Rohaniawan, klenteng,

Pada kesempatan itu, Wako mengajak masyarakat agar ikut berperan menekan angka penularan Covid-19 dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan (Prokes).

Disampaikannya, Pekanbaru merupakan kota yang belakangan sangat tinggi tingkat penyebaran COVID-19 di Pulau Sumatera maupun di tingkat nasional. Karenanya, kata Walikota dua periode ini, pihaknya berkewajiban menyediakan fasilitas vaksin bagi masyarakat.

''Kita ingin membantu Pemerintah Kota Pekanbaru memperkecil angka penyebaran COVID-19 salah satunya melakukan vaksinasi. Harapan kita tentu kita bisa bersama-sama menurunkan angka COVID-19. "Syukur-syukur melalui vaksinasi ini angkat positif COVID-19 menurun," harapnya. (Adv)

Artikel Kanan
Artikel Kanan