Koramil 06/Skj Ajak Warga Binaan Sukseskan Vaksinasi
Editor : Rima | Penulis: Rima

tni | 13 Oktober 2021 | Dilihat : 105

Koramil 06/Skj Ajak Warga Binaan Sukseskan Vaksinasi

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Peran aktif aparat kewilayahan khususnya Babinsa (Bintara Pembina Desa) dalam mengurangi angka penyebaran wabah Covid-19 diwilayah binaannya sangat membawa dampak yang besar.

Seperti yang dilakukan oleh Babinsa Kelurahan Air Putih Koramil 06/Sukajadi Kodim 0301/PBR, Sertu Wiyono saat mendampingi warga yang akan mengikuti vaksinasi tahap pertama 
di Jalan Garuda Sakti Km 3,5, Pergudangan Angkasa II RT 03 RW 09 Kelurahan Air Putih Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru, Rabu (13/10/2021).

Hadir dalam giat tersebut, Lurah Air Putih bapak Agus Sutiartono, Babhinkamtibmas Bripka Afdal Syafwan, SH, Babinsa Sertu Wiyono, Petugas dari Puskesmas Sidomulyo 6 orang, Ketua RW 09 Bapak Arizal dan peserta yang mendaftar vaksinasi.
     
"Jenis vaksinnya, Sinovac. Jumlah yang didaftar 100 orang, telah divaksin 100 orang dan tidak ada satupun peserta yang mengalami gejala ," kata Wiyono kepada ridarnews.com.

Sebelum pelaksanaan Vaksin, peserta terlebih dahulu melakukan beberapa tahapan. Yaitu pengisian pendaftaran, cek tensi dan suhu badan dan pemeriksaan oleh petugas kesehatan. 

"Dinyatakan memenuhi syarat dan dinyatakan sehat baru dilaksanakan vaksinasi. Setelah melaksanakan vaksin peserta harus menunggu kurang lebih 30 menit untuk mengantisipasi reaksi terhadap vaksin", terangnya.

Disela-sela mendampingi vaksinator, Wiyono juga menyampaikan komunikasi sosial dengan mengajak peran serta warganya untuk menyukseskan Vaksinasi Covid-19 di Kota Pekanbaru khususnya Kelurahan Air Putih.

Dia mengatakan kepada warga binaannya, yang membuat banyak masyarakat menjadi khawatir untuk melakukan vaksinasi adalah karena banyak sekali berita bohong (Hoax) yang telah beredar di media sosial dan kemudian menjadi bahan perbincangan bagi seluruh warga.

Terpisah, Danramil 06/Sukajadi Kapten Arh Nirzam, S.Sos mengatakan kegiatan komsos (komunikasi sosial) merupakan sarana yang efektif untuk memelihara dan meningkatkan kebersamaan serta sarana menjalin hubungan silaturahmi antara TNI dengan masyarakat, guna membangun komunikasi dengan seluruh komponen masyarakat khususnya di wilayah desa binaan yang menjadi tanggung jawab seorang Bintara Pembina Desa (Babinsa) guna terwujudnya masyarakat dan lingkungan yang aman, nyaman dan tentram.

"Kehadiran Babinsa di tengah masyarakat dapat mendeteksi, mengidentifikasi, dan mencegah aksi radikalisme yang tercermin dalam gerakan terorisme, ekstrimisme, dan fundamentalisme. Babinsa sebagai ujung tombak TNI AD di tengah masyarakat dalam menjaga keutuhan NKRI dari berbagai ancaman," terang Danramil.

Disamping itu, Kapten Nirzam mendukung dan menyukseskan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 ini, agar wilayah binaannya dapat terbebas dari bahaya penyebaran Corona, dan informasi ini juga diharapkan tidak berhenti sampai disini, melainkan dapat diteruskan kembali kepada sanak saudara dan juga seluruh warga lainnya.

Selain memberikan imbauan untuk mendukung vaksinasi kepada warga binaannya, babinsa juga tak lupa mengajak warga untuk selalu menerapkan protokol kesehatan dalam berkegiatan sehari-hari, dengan selalu menerapkan 5 M, yaitu menggunakan masker setiap beraktivitas diluar rumah, mencuci tangan dengan bersih setelah beraktivitas, menjaga jarak dan mencegah terjadinya kerumunan serta mengurangi mobilitas kegiatan diluar rumah.

Artikel Kanan
Artikel Kanan