Peltu Syahrul Berikan Pelatihan PBB, PPM kepada Mahasiswa
Editor : Rudi | Penulis: Rima

tni | 17 Oktober 2021 | Dilihat : 47

Komandan Pos (Danpos) Kecamatan Binawidya Peltu Syahrul mewakili Danramil 06/Sukajadi melatih 10 calon Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska Riau) Pekanbaru, Minggu (17/10/2021).

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Komandan Pos (Danpos) Kecamatan Binawidya Peltu Syahrul mewakili Danramil 06/Sukajadi melatih 10 calon Resimen Mahasiswa (Menwa) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska Riau) Pekanbaru, Minggu (17/10/2021).

Pelatihan meliputi, Peraturan Baris Berbaris(PBB), Peraturan Penghormatan Militer (PPM) dan Tata Upacara Militer(TUM)

Pelatihan ini dimulai dengan pemberian materi secara teori dan dilanjutkan dengan praktek dilapangan. Dalam pemberian materi, Peltu Syahrul menekankan kedisiplinan kepada seluruh Camen (calon Menwa).

Peltu Syahrul menyampaikan, latihan tersebut bertujuan membentuk karakter peserta agar lebih disiplin dan memupuk jiwa nasionalisme. 

"Kami memberikan teori terlebih dahulu, sekaligus dilanjutkan praktik peraturan baris berbaris dan disiplin. Derap langkah yang tegas dan kompak akan sangat mempengaruhi jiwa dan semangat para Mahasiswa Baru, untuk melaksanakan latihan," katanya.

Menurutnya, pelatihan ini tidak hanya belajar baris berbaris saja, tapi tujuannya untuk menciptakan kader-kader terampil dan pintar, serta mengenal bangsanya. Sehingga, pada akhirnya terbentuklah generasi bangsa yang kuat baik secara fisik, mental, maupun pikiran.

Danramil 06/Sukajadi, Kapten Arh Nirzam, S.Sos menjelaskan tentang Empat Pilar Kebangsaan atau Empat Konsensus Dasar Berbangsa dan Bernegara, meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI. Semua materi tersebut dikupas satu persatu agar dapat dimengerti oleh para siswa peserta didik baru.

Lanjut Danramil pemberian materi PBB, PPM dan TUM  ini bertujuan untuk membentuk karakter kedisiplinan para siswa sejak dini.

“Melalui kegiatan ini, diharapkan dapat menumbuhkan sikap disiplin, jiwa nasionalisme, sikap patriotisme di kalangan para siswa,” ucap Danramil.

Artikel Kanan
Artikel Kanan