Serda Jhoni Djanan bersama MPA Terus Sosialisasi Bahaya Karhutla
Editor : Rima | Penulis: Rima

tni | 19 Oktober 2021 | Dilihat : 26

Serda Jhoni Djanan bersama MPA Terus Sosialisasi Bahaya Karhutla

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Patroli dan sosialisasi pencegahan Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) terus dilaksanakan Kodim 0301/PBR melalui Koramil 06/Sukajadi diwilayah teritorialnya.

Itu terlihat dilaksanakan Babinsa wilayah Koramil 06/Sukajadi, Serda Jhoni Djanan dengan menggunakan sepeda motor dinas menerobos beberapa jalan yang sulit di tempuh.

Patroli dan sosialisasi ini pun dibantu oleh Masyarakat Peduli Api (MPA). Berpatroli dari wilayah
Jalan Kabun RT 02 RW 03 Kelurahan Air Putih Kecamatan Tuah Madani, Pekanbaru dengan titik kordinat : O,4719N 101,3585E

Kelalaian masyarakat membuang puntung rokok pada saat melaksanakan aktivitas pembukaan lahan kebun juga merupakan salah satu penyebab terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan,” kata Jhoni saat memberikan sosialisasi kepada masyarakat setempat, Selasa (19/10/2021).

Terpisah, Danramil 06/Sukajadi, Kapten Arh Nirzam, S. Sos mengatakan, bahwa Babinsa bersama MPA juga sudah menyambangi dan mengimbau warga akan bahaya Karhutla keseimbangan ekosistem dan sanksi pidana melakukan pembakaran lahan dan hutan.

"Kita juga sampaikan agar masyarakat memberikan informasi apabila akan melakukan pembakaran lahan untuk bertani dan petugas TNI akan membantu mengawasi proses pembakaran hingga matinya api, sehingga warga masyarakat tidak terkena sanksi pidana," ujarnya.

Kapten Nirzam menegaskan apabila warga tidak melapor jika melakukan pembakaran lahan maka saat diketahuinya aktivitas tersebut petugas akan segera mematikan api walau bertujuan untuk membuka lahan.

"Sampai saat ini situasi masih aman terkendali dan dapat terkendalikan bersama TNI serta MPA," pungkasnya.

Artikel Kanan
Artikel Kanan