Dampingi Warga, Serma Budi Mulia Jelaskan Terkait Vaksinasi
Editor : Rima | Penulis: Rima

tni | 21 November 2021 | Dilihat : 79

Babinsa Koramil 06 Sukajadi, Serma Budi Mulia memantau giat vaksinasi yang ditaja oleh Forum Komunikasi Masyarakat Piaman Indonesia (FKMPI) di kedai Kopi Rasa Jalan Nenas Kelurahan Jadirejo Kecamatan Sukajadi, Minggu (21/11/2021).

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Babinsa Koramil 06 Sukajadi, Serma Budi Mulia memantau giat vaksinasi yang ditaja oleh Forum Komunikasi Masyarakat Piaman Indonesia (FKMPI) di kedai Kopi Rasa Jalan Nenas Kelurahan Jadirejo Kecamatan Sukajadi, Minggu (21/11/2021).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Ketua FKMPI Kota Pekanbaru bapak Adi F Tanjung, Koordinator Romi Mukhtar, Ketua RW 03 bapak Busra Boy, Babinsa Serma Budi Mulia, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat dan tokoh adat Perantau Piaman, peserta vaksinasi, Dokter serta tenaga kesehatan RSD Madani.

Ada dua jenis vaksin yang diberikan kepada masyarakat yaitu Pfizer dan Sinovac. Masyarakat yang mendaftar vaksin 177 orang dan berhasil divaksin 175 orang, ditunda karena hipertensi 2 orang.

Proses vaksinasi dimulai dengan pendataan, lalu skrining untuk mengetahui kondisi dan riwayat kesehatan peserta. Selanjutnya bagi yang memenuhi syarat dilakukan penyuntikan vaksin dan setelahnya dilakukan observasi.

Disela-sela pendampingan, Serma Budi Mulia memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya Lansia tentang vaksin COVID-19, untuk tidak takut mendengar isu berita yang tidak benar. " Bila diberikan kepada seseorang, vaksin akan menimbulkan reaksi sistem imun yang spesifik dan aktif terhadap penyakit tertentu, misalnya vaksin flu untuk mencegah penyakit flu dan vaksin COVID-19 untuk mencegah infeksi virus COVID-19. Biasanya, vaksin ini dimasukkan kedalam tubuh manusia dengan cara disuntik," kata Budi menjelaskan.

Komandan Koramil (Danramil) 06/Sukajadi, Kapten Arh Nirzam, S. Sos saat dihubungi terpisah mengatakan selaku pembina teritorial selalu mendukung pemerintah dalam meningkatkan heard immunity (kekebalan tubuh). "Semoga dengan kesadaran dari warga akan pentingnya vaksinasi ini, Pandemi Covid-19 semakin melandai dan kita dapat beraktivitas seperti biasa, normal kembali," ungkap Danramil.

Selain itu, Koramil 06/Sukajadi tiada bosan-bosannya mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan 5 M dalam kegiatan sehari-hari.

"Ingat, jangan lengah, tetap pakai masker dimana pun berada, selalu mencuci tangan dengan air bersih, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mengurangi mobilitas kegiatan diluar rumah," tegasnya.

Artikel Kanan
Artikel Kanan