Komsos Babinsa dengan Ketua RT 04 dan Pemuda Katar Jadirejo Bahas Tumpukan Sampah
Editor : redaksiridarnews | Penulis: Rima

tni | 21 Mei 2022 | Dilihat : 106

Komsos Babinsa Kelurahan Jadirejo, Serma Budi Mulia dengan Ketua RT 04 M Husni dan Pemuda Katar Jadirejo Bahas Tumpukan Sampah

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Komunikasi sosial (Komsos) merupakan sarana efektif bagi Babinsa untuk dapat berinteraksi langsung dengan warga binaannya dengan mudah untuk mengetahui dan menyampaikan informasi maupun kondisi lingkungan saat ini.

Seperti yang dilakukan oleh Serma Budi Mulia, Anggota Koramil 06/Sukajadi Kodim 0301/PBR melaksanakan komsos dengan Ketua RT 04 M Husni dan Pemuda Karang Taruna sambil santai menikmati secangkir kopi hangat di kedai Sonny Jalan Kesuma Kelurahan Jadirejo Kecamatan Sukajadi, Sabtu (21/5/2022).

Dalam komsos membahas terkait masalah sampah yang semakin hari semakin menggunung di areal
bangunan pasar Cik Puan mangkrak. Diketahui sampah tersebut berasal dari beberapa kelurahan bahkan dari kecamatan di dalam Kota Pekanbaru.

Pemerintah Kota melalui Dinas Lingkungan Hidup Kehutanan (DLHK) Kota Pekanbaru sudah mempetakan atau membagi wilayah menjadi tiga zona yang sudah ditunjuk untuk pengangkutan sampah masy dari TPS ke TPA wilayah Kelurahan Jadirejo Kecamatan Sukajadi masuk dalam Zona 1 dan pihak pengangkutan sampah PT. Samhana Indah (SHI).

Namun dari hasil pantauan dan informasi yang di dapat Babinsa Serma Budi Mulia sampah dari Zona 2 sudah masuk ke Zona 1.

Langkah demi langkah dan imbauan larangan membuang sampah dari wilayah lain sudah dilaksanakan oleh Babinsa bersama Ketua Pasar dan Ketua RW 03 kepada beberapa pekerja atau sopir armada mobil sampah namun larangan hanya berlaku di siang jari. 

"Malam hari mereka tetap membuang sampah di areal depan bangunan pasar Cik Puan yang terbengkalai," kata Budi.

Untuk itu Serma Budi Mulia dengan  giat komsos mengajak peran aktif dari masyarakat RT 04 RW serta dengan dukungan dari pihak Pemerintah Kelurahan setempat rencana areal tersebut akan dipagar.

Imbauan sosialisasinya, Babinsa kepada warganya agar menjaga kebersihan, serta pengerukan selokan yang sudah mengalami kedangkalan dilingkungan, sehingga mengurangi bahaya banjir maupun udara yang terjadi saat hujan turun.

Dalam Komsos tersebut, Babinsa Serma Budi Mulia mengimbau kepada warga sekitar agar lebih aktif menjaga kebersihan lingkungan, di musim penghujan seperti sekarang ini, tentunya banyak lingkungan yang dapat memicu berkembang biaknya nyamuk Berdarah (DBD, lanjutnya).

Selain itu, lingkungan yang tidak bersih atau dapat menyebabkan banyaknya sarang penyakit bagi masyarakat, dengan menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah, dapat menciptakan kawasan yang sehat bagi masyarakat sekitar.

Kegiatan komunikasi sosial yang dilakukan Babinsa tersebut merupakan salah satu pelaksanaan metode Binter TNI AD yang bertujuan untuk meningkatkan kebersamaan TNI rakyat. 

"Kebersihan pangkal kesehatan. Mari bersama kita peduli untuk kesehatan kita bersama," pungkasnya.

Terpisah, Danramil 06 Sukajadi, Letda Inf Simon Petrus Ginting menjelaskan terkait mengenai tumpukan sampah, perlu kesadaran masyarakat setempat akan membuang sampah pada tempatnya masih sangat minim. Masih sering terlihat sampah bertaburan ada dimana - mana baik di sungai, pinggir jalan dan tempat lainnya.

"Sampah, banjir, pencegahan DBD menjadi musuh bersama dan harus diantisipasi secara kolektif. Terutama soal kesadaran tentang kebersihan merupakan sebagian dari iman. Semoga dengan adanya Komsos yang dilakukan Babinsa ini semakin membuat warga paham dan pentingnya arti kebersamaan dalam kebaikan," kata Danramil.

Artikel Kanan
Artikel Kanan