Babinsa Jadirejo Laksanakan Pendampingan PTM Bagi Pedagang Pasar Cik Puan
Editor : redaksiridarnews | Penulis: Rima

tni | 29 Juni 2022 | Dilihat : 291

Babinsa Serma Budi Mulia bersama Bhabinkamtibmas Aipda Sigit Kurniawan melakukan pendampingan Puskesmas Langsat dalam kegiatan pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) di Sekretariat P3CP Jalan Tuanku Tambusai Kelurahan Jadirejo Kecamatan Sukajadi, R

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Babinsa Serma Budi Mulia bersama Bhabinkamtibmas Aipda Sigit Kurniawan melakukan pendampingan Puskesmas Langsat dalam kegiatan pemeriksaan Penyakit Tidak Menular (PTM) di Sekretariat P3CP Jalan Tuanku Tambusai Kelurahan Jadirejo Kecamatan Sukajadi, Rabu (29/6/2022).

Kegiatan Posbindu PTM Mobile ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan untuk mendeteksi dini pencegahan penyakit tidak menular kepada  masyarakat dan pedagang Pasar Cik Puan. 

Kegiatan Posbindu PTM yang langsung di pimpin Drg. Harvandy Anwir, MKM. MH Ka. Puskesmas Langsat beserta anggota dibantu Kader Posyandu Kelurahan Jadirejo, memberikan pelayanan pemeriksaan berupa pengukuran tinggi badan, lingkar perut, tensi, gula darah, penyuluhan pola hidup sehat dengan  mengkonsumsi makan sayur dan buah-buahan.

Ikut hadir dalam kegiatan tersebut, 
Lurah Jadirejo Bapak Anwar Rahim, S. STP,  Kapus Langsat Drg. Harvandy Anwir, MKM. MH, Babinsa Serma Budi Mulia, Bhabinkamtibmas Aipda Sigit Kurniawan, Ketua Pasar Cik Puan Sutan Muni Sikumbang, Ketua Karang Taruna Kelurahan Jadirejo Rima Ridarni, tokoh masyarakat dan pedagang pasar Cik Puan.

Bagi Babinsa, selain pendampingan kegiatan ini sekaligus merupakan sarana komunikasi sosial dengan Ibu - ibu dan petugas kesehatan dengan tujuan agar terjalin hubungan dan komunikasi yang baik, sehingga apabila ada permasalahan dapat segera dikoordinasikan dan diselesaikan.

Kepala Puskesmas Langsat Harvandy Anwir, menjelaskan sasaran deteksi dini faktor risiko dan penyakit tidak menular adalah usia 15 tahun keatas dan pemeriksaan yang dilakukan meliputi pemeriksaan, pengukuran tekanan darah, gula darah, pemeriksaan tajam penglihatan badan tajam pendengaran serta paru obstruktif kronik serta khusus pada wanita usia 30 - 50 tahun yang sudah menikah dilakukan pemeriksaan IVA dan SADANIS.

"Kegiatan ini guna meningkatkan kesadaran dan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya deteksi dini penyakit tidak menular (PTM) untuk menurunkan kematian dini akibat penyakit tidak menular," jelas Dr Andi.

Artikel Kanan
Artikel Kanan