Setelah Diobati, 106 Ekor Ternak Terjangkit PMK di Siak Dinyatakan Sembuh
Editor : redaksiridarnews | Penulis: Rima

siak | 22 Juli 2022 | Dilihat : 177

Upaya Diskannak Siak dalam penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Siak terus membuahkan hasil, Sebanyak 106 ekor ternak dinyatakan sembuh, Jumat (22/07/2022).

SIAK, RIDARNEWS.COM - Upaya Diskannak Siak dalam penanganan Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Kabupaten Siak terus membuahkan hasil, Sebanyak 106 ekor ternak dinyatakan sembuh, Jumat (22/07/2022).

Berdasarkan keterangan Kepala Diskannak Siak, Susilawati MM, ratusan ternak yang sembuh setelah mendapat perawatan dari tim dokter hewan di lapangan.

Meski kasus baru terus bermunculan, Susi optimis penanganan kasus PMK bisa diatasi jika semua pihak bisa ikut berpartisipasi, seperti TNI, Polri, Perangkat Kecamatan, Kampung dan masyarakat.

"Alhamdulillah, terus membuahkan hasil, kalau yang sakit sekarang masih ada 37 ekor, itu juga banyak data baru yang masuk ke Ishiknas", ujar Susi

Dia menjelaskan, sebaran ternak yang sembuh ada di 6 Kecamatan, smenetara 2 kecamatan yang baru masuk ditemukan kasusnya, masih dalam masa pengobatan.

"Sekarang kalau kasus total ada 149 ekor, mati 3, potong paksa ada 4 ekor", ucapnya

Kata Susi, dari 8 kecamatan, masih Kandis yang terbanyak kasusnya, dia berharap tidak ada lagi kasus baru yang muncul di kecamatan yang tidak terjangkit, seperti Kecamatan Sungai Apit, Sabak Auh, Pusako dan Minas.

"Stop mendatangkan ternak dari dan keluar Kabupaten Siak, supaya tidak menyebar lebih luas, ini menjadi sangat penting, kalau mau ternak kita bebas PMK", tutup Susi. (Inf)

Artikel Kanan
Artikel Kanan