Turun ke UPT Laboratorium Lingkungan DLH, Ini Kata Tim Asesor KAN
Editor : redaksiridarnews | Penulis: Kominfo Bengkalis

bengkalis | 18 Agustus 2022 | Dilihat : 1323

Tim Asesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan assesmen laboratorium Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bengkalis, Kamis 18 Agustus 2022.

BENGKALIS, RIDARNEWS.COM – Tim Asesor dari Komite Akreditasi Nasional (KAN) melakukan assesmen laboratorium Unit Pelaksana Teknis (UPT) Laboratorium Lingkungan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bengkalis, Kamis 18 Agustus 2022.

Kepala DLH Bengkalis melalui Sekretaris Ed Effendi mengatakan kehadiran Tim Assesor dari Komite Akreditasi Nasional ini dalam rangka survailen pertama UPT Laboratorium DLH Bengkalis.

Kehadiran tim asesor dari KAN ini bagian dari pengawasan terhadap Laboratorium Lingkungan milik DLH, merupakan bagian dari pembinaan. Karena sebelum pada tahun 2021 lalu, UPT Laboratorium Lingkungan DLH Bengkalis telah terakreditasi. Ini sebagai langkah penting untuk meningkatkan kualitas pelayanan sebagai wujud peningkatan standar pelayanan kepada pengguna jasa.

Lebih lanjut Ed Effendi berharap kehadiran tim asesor dalam melakukan asessmen memberikan dampak positif bagi pelayanan UPT Laboratorium Lingkungan dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Tak kalah penting, setelah assesmen ini, UPT Laboratorium Lingkungan DLH Bengkalis dapat menerima sampel pengujian dari luar, sehingga berdampak pada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Berdasarkan akreditasi LP-1493 DN dengan air limbah, air sungai, air tanah sumur pantau TPA dan air limbah lindi. Sedangkan parameter yang terakreditasi untuk diuji di UPT Laboratorium Lingkungan meliputi 8 unsur, yakni pH, suhu, DHL, Do, TSS, TDS, COD, minyak lemak.

Tim asesor KAN terdiri dari Toto Wiradisastra dan Afifullah, selama di UPT Laboratorium Lingkungan, akan mengecek seluruh dokumen UPT Laboratorium Lingkungan DLH. “Kami akan mengaskses seluruh dokumen yang ada. Kehadiran kami sifatnya untuk pembinaan,” ujar Toto. (Kominfo Bengkalis)

Artikel Kanan
Artikel Kanan