Antisipasi DBD, Satgas TMMD Dampingi Diskes Pekanbaru Fogging Rumah Warga
Editor : redaksiridarnews | Penulis: Rima

tni | 19 Agustus 2022 | Dilihat : 24

Antisipasi DBD, Satgas TMMD Dampingi Diskes Pekanbaru Fogging Rumah Warga

PEKANBARU, RIDARNEWS.COM - Musim hujan rentan akan populasi nyamuk Aedes Aegypti yang dapat menimbulkan penyakit demam berdarah (DBD). Menyikapi hal tersebut Kopda Ario Diansyah, Anggota Koramil 02/Kota yang tergabung dalam Satgas TMMD 114 Kodim 0301/Pekanbaru melakukan pendampingan fogging yang dilaksanakan Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru sekitar lokasi TMMD, Jalan Bunga Tombak Kelurahan Sialang Rampai Kecamatan Kulim, Jumat (19/8/2022).

“Tujuan fogging ini sendiri agar masyarakat dan prajurit TNI yang sedang melaksanakan kegiatan 
TMMD 114 Kodim 0301/Pekanbaru terhindar dari penyakit demam berdarah,” jelas Kopda Ario Diansyah.

Menurutnya, tindakan fogging masih dipandang dan dipercaya efektif sebagai salah satu upaya penanggulangan saat terjadi kasus kejadian luar biasa (KLB) atau wabah penyakit DBD di suatu daerah, yakni ketika populasi nyamuk dewasa sedang tinggi. Fogging dengan cepat menurunkan populasi nyamuk.

Pengasapan lanjut Ario, dilakukan sebagai salah satu metode pengendalian faktor penyebab penyakit DBD, yaitu nyamuk Aedes Aegypti. Biasanya kegiatan ini dilakukan dengan menggunakan mesin yang dapat mengeluarkan asap berisi insektisida.

Untuk menghindari resistensi nyamuk terhadap insektisida dan pencemaran udara, maka tindakan foging ini harus diikuti dengan upaya pencegahan penyakit DBD lainnya agar rantai penyebaran demam berdarah benar-benar terhenti. Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah dengan aktivitas 3M Plus.

Yaitu, menguras dan membersihkan tempat yang menjadi penampungan air, menutup secara rapat tempat-tempat penampungan air tersebut agar tidak menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti.

Sejumlah warga kelurahan Sialang Rampai mengaku salut dengan keberadaan TNI diwilayahnya, tidak hanya membangun fisik TMMD 114, kesehatan wargabpun juga sangat diperhatikan oleh TNI. “Cukup komplit yang dilakukan Satgas TMMD ke 114 Kodim 0301/Pekanbaru, saat menggelar TMMD di kampung kami,” ungkap Mahmud (52), salah seorang warga Jalan Ros.

Artikel Kanan
Artikel Kanan