Kunjungi Desa Bungur, Wabup Meranti Sebut Pentingnya Pembangunan Mental dan Spritual
Editor : rima | Penulis: adv

adv | 12 Mei 2020 | Dilihat : 104

Kunjungi Desa Bungur, Wabup Meranti Sebut Pentingnya Pembangunan Mental dan Spritual

MERANTI, RIDARNEWS.COM - Wakil Bupati Kepulauan Meranti melakukan kunjungan kerja di Desa Bungur, Kecamatan Rangsang Pesisir.

Dihadapan para tokoh masyarakat setempat, Wakil Bupati Kepulauan Meranti H. Said Hasyim menekankan pentingnya pembangunan Mental dan Spritual sebagai faktor penentu keberhasilan pembangunan Fisik, bertempat di Masjid Al-Badar, Selasa, (12/5/2020).

Dalam kunjunganya, Wabup Meranti didampingi oleh Kalaksa BPBD Meranti H. Idris Sudin, Kabag Kesra Meranti Hery Saputra SH, Kabag Humas dan Protokol Rudi MH, Kabid Fisik Dinas PU Meranti, Kades Bungur M. Ali, serta sejumlah Tokoh Masyarakat/Ulama dan Pemuda Desa Bungur.

Dalam kunjungannya di Desa Bungur Wabup Meranti H.maaid Hasyim, juga berkesempatan meninjau rumah keluarga Ropina warga Dusun 01, RT 02/RW 02, Desa Bungur Kecamatan Rangsang Pesisir yang rumahnya terbakar hingga rata dengan tanah pada 26 April 2020 lalu.

Dalam peninjauannya dilokasi kebakaran, kepada perwakilan pihak keluarga korban, Wabup Meranti berjanji akan mencoba membantu untuk membangun kembali rumah keluarga Ropina melalui program rumah layak huni menggunakan anggaran APBD-P 2020 mendatang.

Sementara itu dalam silahturahmi, Wabup Meranti bersama warga Desa Bungur Kecamatan Rangsang Pesisir, Wabup memberikan pemahaman kepada maayarakat akan pentingnya pembangunan mental dan spiritual dalam mendukung pembangunan daerah.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur fisik sangat penting sebagai penggerak roda perekonomian disuatu daerah oleh karena itu Pemkab Meranti masih terus fokus mengelola dana APBD dan mencoba meraih dana APBD Provinsi dan Pusat untuk membangun infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, air bersih, listrik dan lainnya.

Dihadapan para tokoh masyarakat Wabup Said Hasyim mengatakan Pemda Meranti akan terus memperjuangkan pembangunan Infrastruktur Fisik, namun karena besarnya dana yang dibutuhkan tentunya tidak cukup hanya mengandalkan kekuatan dana APBD Meranti tapi harus pula didukung oleh dana Provinsi dan APBN Pusat.

"Dan untuk membangunan Infrastruktur kita akan terus berupaya untuk meraih dana Provinsi dan Pusat karena jika hanya mengandalkan dana APBD Meranti pasti tidak akan cukup," jelas Wabup.

Agar dapat alokasi dana Pusat menurut Wabup Meranti harus mampu menjadi perhatian pusat, dan salah satu yang menjadi Icon andalan Meranti adalah potensi Sagu Meranti yang diolah menjadi berbagai produk seperti Beras Sagu, Mie Sagu, dan berbagai aneka makanan dan minuman nikmat.

Saat ini Pemkab Meranti telah berhasil meraih dana pusat yang digunakan untuk membangun Centra Industri Sagu di Desa Sungai Tohor. Jika tak ada aral melintang dalam waktu dekat Centra Indsutri Sagu ini akan dioperasikan untuk mengolah hasil Produksi Kebun Sagu masyarakat dengan begitu harga Sagu Meranti akan menjadi lebih baik dipasaran yang berujung pada semakin meningkatkan taraf ekonomi masyarakat khususnya petani Sagu.

Namun untuk mensukseskan pembangunan suatu daerah tidak cukup hanya dengan melaksanakan pembangunan Infrastruktur tapi harus juga diiringi dengan pembangunan mental dan spiritual masyarakat. Karena sebaik apapun pembangunan Infrastruktur jika tanpa diiringi dengan pembangunan mental dan spiritual maka tak akan memberikan dampak yang signifikan.

Pentingnya pembangunan mental dan spiritual ini sangat disadari oleh Pemkab Meranti sampai-sampai mencantumkan kata Madani dalam Visi dan Misi Kabupaten.

Adapun pembangunan mental dan spiritual yang dimaksud adalah dengan membangun tubuh dan mental masyarakat yang dimulai sejak bayi dengan cara memberikannya makanan bergizi seimbang sehingga generasi muda Meranti tumbuh dengan sehat dan cerdas selanjutnya diberikan pengetahuan melalui pendidikan dan nilai-nilai agama. Dengan begitu akan menghasilkan generasi muda Meranti yang kuat, cerdas serta berakhlak mulia.

Ditegaskan Wabup inilah yang akan dijalankan oleh Pemkab. Meranti dalam beberapa tahun kedepan dalam upaya mengesa pembangunan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sekedar informasi pada kesempatan itu Wabup Said Hasyim juga berkesempayan meninjau proyek jalan base jalan Desa dan Pamsimas Desa Bungur.

Setelah bersilahturahmi dengan masyarakat dalam suasana hangat yang penuh keakraban sekaligus memberikan pengarahan panjang lebar kepada masyarakat terkait pembangunan Infrastruktur, Mental dan Spiritual akhirnya Wabup Meranti H. Said Hasyim, kembali bertolak ke Selatpanjang untuk melaksanakan kegiatan pemerintahan lainnya. (adv).

Artikel Kanan
Artikel Kanan