Tetapkan HU Tersangka Tipikor APBDes, Kasipidsus: Tidak Tertutup Kemungkinan Ada Tersangka Baru
Editor : delvia | Penulis: Lastin

pelalawan | 13 Juli 2020 | Dilihat : 122

Kasipidsus Kajari Pelalawan, Andre Antonius, SH

PANGKALANKERINCI, RIDARNEWS.COM -  Kejaksaan Negeri (Kejari) Pelalawan menetapkan tersangka kasus dugaan tindak pidana korupsi  penggunaan  dana APBDes Sungai Upih, Kecamatan Kuala Kampar, Kabupaten Pelalawan tahun anggaran 2018. 

Tersangka yang ditetapkan berinisial Hu yang saat itu menjabat sebagai Kepala Desa Sungai Upih 

HU yang merupakan mantan Kepala Desa  Sungai Upih , Kecamatan Kuala Kampar ditetapkan tersangka karena diduga melakukan penyelewengan anggaran sehingga merugikan negara senilai ratusan juta rupiah.

Menurut Kepala Kejaksaan Negeri melalui Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) kejari Pelalawan , Andre Antonius SH, kepada media ini mengatakan, tersangka HU diduga melakukan penyelewengan dana itu berasal dari penggunaan Dana Desa (DD), Anggaran Dana Desa (ADD), dan Bantuan Keuangan (Bankeu)  senilai Rp 900 juta, yang digunakan untuk program yang tidak selesai dilaksanakan dalam APBDes. Kemudian ada juga kegiatan yang tidak terlaksana sama sekali selama tahun anggaran 2018.
 
"Kita  masih konsen  menelusuri aset negara, untuk memulihkan kerugian negara. Tersangka ini sudah menitipkan uang sebesar Rp 75 juta dan proses hukum masih berjalan pasca penetapan tersangka HU,  masih mendalami, sambil berjalan", ujar Kasi Pidsus Kejari Pelalawan, Andre Antonius, SH kepada media ini di ruang kerjanya Senin, (13/07/2020). 

Disinggung apakah ada kemungkinan ada tersangka lain Andre menyebut bahwa potensi itu ada. "Melihat perkembangan dalam hasil penyidikan, tidak tertutup kemungkinan  akan tersangka baru", ungkapnya. 

Tersangka Hu dijerat dengan pasal 2 Ayat (1) jo Pasal 3 jo Pasal 18 Undang-undang Republik Indonesia Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. (Lastin)

Artikel Kanan
Artikel Kanan